Saturday 7 April 2018

Dakwah Siriyah Vs Dakwah Jahiriyah


Sore tadi dengerin kajiannya ust Talqis Nurdiyanto terkait dakwah siriyah vs dakwah jahiriyah. 
Dari muqoddimahnya saja sudah menyentuh hati ini. 
Kata beliau intinya bahwa, "Apa yang sudah kita lakukan dan yang akan kita lakukan sudah pernah terjadi pada masa Rasulullah saw. Bedanya pada masa Rasulullah kondisinya lebih berat dibanding zaman kita sekarang ini. Pada zaman sekarang, orang lelah sedikit mengeluh, apa2 dikit mudah mengeluh. Maka, Allah itu Maha Baik menciptakan kita pada zaman sekarang. Karena zaman dulu kondisinya lebih berat. 

So, bisa kita bayangkan ya pada zaman Rasulullah dulu, ketika berdakwah itu taruhannya nyawa. Kita bersyukur tinggal di sini yang bahayanya tidak sebahaya zaman Rasulullah dulu. 
Nah, fase dakwah Rasulullah dimulai sejak Rasulullah menerima wahyu yaitu q.s. al alaq 1-5. Kemudian turun wahyu kedua q.s. al mudatsir 1-7, yang berisi perintah utk menyeru dan memberi peringatan kpd umat manusia. Dalam ayat tersebut Allah juga memerintahkan Nabi agar bersabar dalam berdakwah. 

Mula2 dakwah Nabi secara siriy, yaitu kpd istrinya dan para sahabatnya. Dari mengetuk satu pintu ke pintu berikutnya. Dakwah Nabi mula2 dibiarkan oleh kaum kafir Quraisy sebab belum banyak memengaruhi masyarakat. Akan tetapi lama kelamaan mulai terlihat pengaruh pada masyarakat yang sudah memeluk Islam, dari ibadahnya, cara bergaulnya, cara berpikirnya dll. Hal ini membuat resah para kaum kafir dan mulai memerangi Nabi. 

Dakwah jahiriyah dimulai di Bukit Shafa. Waktu itu Nabi mengumpulkan seluruh kabilah Arab, termasuk para paman Nabi juga berkumpul di sana. Ketika Nabi menyeru kalimat tauhid kepada para kabilah Arab, Abu Lahab adalah orang yg menentang nabi kala itu. Dan pada saat itu turunlah Q.S. Al Lahab. Dan semua orang mengetahui bahwa Abu Lahab dan istrinya kelak akan dibalas neraka oleh Allah. Kisah Abu Lahab salah satu yang diabadikan dalam Al-Quran.. Maka, siapapun yang membenci Islam dan dakwah Islam akan masuk neraka.
Siapapun yang membenci Islam dan dakwah Islam akan masuk neraka. Kita semua tahu bahwa pada masa sekarang ini pun banyak yang membenci Islam dan dakwah Islam. Mereka inilah Abu Lahab Modern, Abu Jahal Modern. 
Ketahuilah duhai sahabatku, bahwa dulu orang yang menentang dakwah Nabi telah mendapat azab dunia, contohnya Abu Lahab, mati dalam keadaan sakit kulit yang berbau busuk hingga anak dan istrinya saja enggan mendekati. Selain itu, ada orang yang mengejek nabi dengan mengolok-olok bahwa nabi tidak punya keturunan laki2 setelah putra2 nabi wafat, maka dia diberi azab oleh Allah dengan diambil-Nya kembali anak2nya (anak2nya mati). Dan masih banyak lagi. Azab itu akan berlangsung terus sepanjang masa bagi siapa yang menentang dakwah Islam, meskipun yang dibenci bukan selevel nabi. Sebab ayat2 al quran yang bersifat umum akan berlangsung sepanjang masa. Wallahu a'lam.

Selalu ada hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa sejarah.. Jangan ada kata menyerah untuk berdakwah. Sebab keberhasilan hidup kita adalah tentang seberapa besar perjuangan kita dalam mendakwahkan Islam..
Wallahua'lam

No comments:

Post a Comment