Sunday 25 March 2018

Aku Ingin Merantau

Ya Allah, kenapa aku ingin merantau? 
Padahal aku tak bisa jauh dari orang tua.. 
Dan besar kemungkinan orang tua tak mengizinkan..
Ya Allah, kenapa aku ingin merantau?
Padahal bila dekat dengan orang tua, aku punya kesempatan besar untuk berbakti kepada keduanya..
Ya Allah, kenapa aku ingin merantau?
Padahal Yogyakarta adalah kota yang membuat banyak orang jatuh cinta dan ingin kembali ke Jogja...

Lalu kubertanya pada hati nurani, "Sungguhkah keinginan merantau mu ini karena ingin mewujudkan impian besarmu? Ataukah hanya karena ego mu yang ingin lari dari kenyataan hidup? Mengubur kenangan yang pernah kau lalui.. Meninggalkan segala kesedihan yang pernah tertoreh di lembaran hidup masa lalumu??"
Lalu, hati nurani menjawab,"Sejujurnya aku tak ingin merantau. Aku ingin tetap tinggal di sini. Di kotaku yang nyaman ini. Di sebuah pedesaan yang masih kental akan rasa kekeluargaan dan gotong royong.. Sebuah desa yang penuh dengan keberagaman, namun tetap dalam tatanan indah dan harmoni.. Harusnya aku bersyukur tinggal di sebuah tempat yang sangat nyaman ini... Tinggal bersama kedua orang tua dengan penuh cinta... Ahhh, keinginan untuk merantau itu mungkin hanya pelarian saja... Pelarian dari masa lalu saja..."

Lalu, aku pun memohon pada Tuhanku, Allah swt, untuk memberikan takdir terbaik untukku dan masa lalu yang ingin kutinggalkan... Aku pun memohon pada Tuhanku, Allah swt, untuk memberikan kelapangan hati padaku agar aku mampu bersyukur dan ridho atas segala ketentuan-Nya...

No comments:

Post a Comment